September 29, 2021
loading

RSJMM Promosikan Kesehatan Jiwa di Panti RSPD Mensenetraitu Provinsi Jawa Barat

Posted by    admin

Rabu, 29 September 2021.
Rumah Sakit Jiwa Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor melalui Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), menyampaikan Promosi Kesehatan Jiwa dihadapan 100 klien Penyandang Disabilitas, yang sedang mengikuti kegiatan Bimbingan Sosial yang rutin digelar setiap pagi oleh Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Mensenetraitu Provinsi Jawa Barat.
Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Massyarakat RSJMM, yang diijinkan bisa berdiri diantara para klien penyandang disabilitas dan berbicara untuk memperkenalkan diri, merasa terharu dan bangga bisa memotivasi para klien dan menjadi bagian dari mereka, yang antusias menyambut kedatangan tim RSJMM, sekaligus photo dan video bersama dengan teriakan jargon andalanya yaitu Stop Pasung ODGJ dan Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri, diiringi gemuruh tepuk tangan dan teriakan dari seluruh klien penyandang disabilitas.

PRSPD Mensenetraitu adalah panti rehabilitasi sosia, sebagai UPTD dibawah Dinas Sosial Provinsi Jabar, yang berlokasi di Jl.Amir Mahmud No.331 Cibabat Cimahi, saat ini dipimpin oleh Dra. Ferrus Syammach, MSi, sebagai Kepala Panti, yang membawahi sekitar 50 petugas, berdiri dilahan seluas 3 hektar dengan luas bangunan sekitar 700 M2, saat ini sedang membina 100 klien Penyandang Disabilitas yang terdiri dari Disabilitas Netra (tidak bisa melihat), Disabilitas Rungu Wicara (tidak bisa mendengar dan berbicara), Disabilitas Tubuh (cacat tubuh), dan Disabilitas Intelektual (kecerdasan dibawah rata-rata), dengan program layanannya meliputi bimbingan sosial, bimbingan mental, bimbingan fisik dan bimbingan keterampilan seperti tata rias, menjahit, sablon, pertukangan, handicrab, masage, olahraga dan keterampilan ekstra seperti membuat lampion, kesenian, house service dan membatik, sebagai keterampilan andalan yang produksinnya sudah dijual ke kalangan pejabat dan pengusaha di jawa barat dan telah mengantoingi ijin hak paten.

Kepala PRSPD Mensenetraitu yang didampingi oleh Septi Marni, S.Sos, sebagai Pekerja Sosial, menyampaikan terimakasih kepada RSJMM atas kunjungannya dan menyampaikan harapanya untuk kerjasama yang lebih baik, "Terimakasih kepada RSJMM, semoga kunjungan pertama ini akan menciptakan kerjasama yang lebih baik, terutama untuk pengetahuan dan bimbingan mental bagi klien penyandang disabilitas kami, dimasa depan"
Sementara Iyep Yudiana, SKM. MKM., yang didampingi oleh Lilin Darmiyanti, S.Sos. M.Kesos, sebagai Pekerja Sosial Medik dan Desy Herawati, SKM. MH.Kes, sebagai Penyuluh Kesehatan jiwa, menyampaikan pemaparan profile, layanan, program kegiatan, rujukan, alur, kerjasama lintas sektor, dll, dihadapan 20 undangan dari Dinsos Provinsi Jabar, Satpel Persinggahan, Pusdalop Yansos, Panti anak berkebutuhan khusus dan Jajaran Petugas PRSPD, dan sekaligus mengajak kerjasama sinergi lintas sektor untuk penanganan Orang Dengan Ganggguan Jiwa (ODGJ) di Jawa Barat, "RSJMM siap menjadi bagian dari pelayanan lintas sektor, untuk komunikasi, koordinasi serta rujukan perawatan dan pengobatan serta rehabilitasi bagi ODGJ di Jabar".

Diakhir pertemuan, semua lintas sektor yang hadir bersepakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi ODGJ yang berada diwilayah jawa barat dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi lintas sektor dalam penanganan ODGJ.

??Stop Pasung.
??Sehat Jiwa.
??Pulih, Produktif dan Mandiri.

  • Share to :