September 02, 2021
loading

63 ODGJ Divaksin Covid 19 dan Konseling Jiwa oleh PKM Pancasan dan PKM Gang Kelor Kota Bogor bersama RSJMM.

Posted by    admin

63 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) berhasil dilakukan Vaksinasi Covid 19 oleh Puskesmas Pancasan dan Puskesmas Gang Kelor Kota Bogor yang dilakukan mulai dari akhir Juni sampai awal September 2021. Puskesmas Pancasan yang dipimpin oleh dr. Dessy, sebagai Kepala Puskesmas dan Noni Dwi N, Amd.Kep, sebagai Programer Jiwa yang terletak di Jl.Arya Suryalaga No.12 Pancasan Bogor Barat Kota Bogor, melaporkan kegiatan Vaksinasi ODGJ. "Kami telah melakukan Vaksinasi Covid 19 terhadap 19 ODGJ dari wilayah Kelurahan Pasir Jaya dan Pasir Kuda Bogor Barat Kota Bogor, sebagian belum di vaksinasi karena keluarga masih menolak dan tidak datang".

Sedangkan Puskesmas Gang Kelor, yang terletak di Jl.Dr.Sumeru No.06 Menteng Bogor Barat Kota Bogor, yang dipimpin oleh dr.Dina Sita Dewi, sebagai Kepala Puskesmas dan Abdul Rosad, AMK, sebagai Programer Jiwa, menjelaskan terkait Vaksinasi Covid 19. "Kami telah berhasil melakukan Vaksinasi Covid 19 terhadap 44 ODGJ yang berada di wilayah Kelurah Menteng, Cilendek Timur dan Cilendek Barat, yang sebagian dilakukan secara door to door ke beberapa titik".

Iyep Yudiana, SKM. MKM. sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM), bersama Anisa Rahmawati, S.Psi, Psikolog dan Rika Kartika, S.Psi, ikut mendampingi Vaksinasi Covid 19 di Puskesmas Pancasan dan Puskesmas Gang Kelor Kota Bogor, pada 01-02 September 2021, dengan memberikan Assesment dan Konseling Kesehatan Jiwa kepada 14 ODGJ, yang dilakukan setelah penyuntikan Vaksin Covid 19, sambil menunggu hasil observasi setelah di vaksin. Satu persatu ODGJ beserta pendamping atau keluarganya dilakukan Assesment dan Kenseling Kesehatan jiwa, yang di respon baik oleh seluruh peserta yang datang.

Pada kesempatan terakhir, hadir pula Juandi Rachmadja, SE sebagai Lurah Cilendek Barat, RW 05, Babinmas, Dinsos Kota Bogor, Kader, TKSK, Relawan Ambulance Salamaid, dll, yang datang untuk ikut mendukung kegiatan Vaksinasi Covid 19 dan Konseling Kesehatan Jiwa terhadap ODGJ. Lurah mengharapkan seluruh ODGJ dan Disabilitas lainnya terutama di kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor bisa mendapatkan Vaksinasi Covid 19, beserta peran serta RSJMM dalam pelayanan kesehatan jiwa masyarakat, seraya melakukan photo bersama dari seluruh lintas sektor yang menghadiri kegiatan.

??Stop Pasung.
??Sehat Jiwa.
??Pulih, Produktif dan Mandiri.

  • Share to :