February 01, 2023
loading

Si Hijau yang Baik untuk Jantung dan Hatimu

Posted by    admin

Begitu juga hati yang berkerja untuk menetralkan racun yang masuk ke tubuh kita, jika hati terganggu atau terjadi kerusakan, itu seperti membiarkan racun masuk bebas ke dalam tubuh kita.

Dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, prevalensi pasien dengan diagnosa penyakit jantung setiap tahunnya meningkat dan peningkatannya sekitar 2 persen, di mana bisa dibilang setiap 1.000 orang ada 15 orang yang sakit jantung. Dan menurut WHO 85 persen penyebab kematian didunia diakibatkan oleh serangan jantung.  Prevalensi tertinggi sakit jantung tidak lagi didominasi oleh lansia tapi sekarang trennya itu terjadi pada orang yang berumur dibawah 40 tahun. Hal tersebut sangat berhubungan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan dengan zat gizi tidak seimbang, kurang beraktivitas fisik dan stres akibat tekanan pekerjaan yang tinggi. Begitupun dengan penyakit hati, selain karena gangguan metabolisme juga karena konsumsi makanan berlemak tinggi dan atau mengkonsumsi alkohol, karena salah satu tugas dari hati adalah menetralisasi racun yang masuk. Hati bisa rusak jika konsumsi lemak tinggi yang mengakibatkan perlemakkan hati. Jika perlemakan hati terjadi, maka hati tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dari uraian diatas ada baiknya kita menjaga kesehatan jantung dan hati kita. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar kedua organ penting tersebut tetap sehat dan dapat bekerja dengan optimal. Seperti berolahraga secara teratur dan menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Dari aspek makanan, salah satu sumber makanan yang mendukung kesehatan jantung dan hati kita adalah buah alpukat, si hijau yang tak lekang oleh musim, hampir setiap waktu kita bisa menemukan pedagang yang menjajakannya.

Alpukat atau avocado adalah salah satu sumber dari kalium yang sangat baik untuk memelihara jantung. Walaupun alpukat merupakan sumber lemak, tetapi lemak yang terkandung adalah lemak yang baik untuk kesehatan, yaitu lemak yang bisa menyeimbangkan lemak jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan perlemakan pada hati. Sangat baik jika dalam menu makanan kita sehari-hari kita masukkan alpukat sebagai konsumsi harian kita. Dalam satu buah alpukat mengandung vitamin C, K, E, B6, asam folat, kalium, dan zat besi.

Dalam daftar komposisi bahan makanan dapat kita lihat alpukat mengandung energi: 85 Kalori (Kal), Protein: 0,9 g, Lemak: 6,5 g. karbohidrat: 7,7 g. Maka alpukat merupakan salah satu sumber energi sehingga pemakaiannya pun harus diatur sedemikian rupa meskipun banyak manfaat yang terkandung pada buat alpukat. Dengan mengonsumsi alpukat dengan bijaksana kita bisa merasakan manfaat yang besar untuk kesehatan jantung dan hati kita. Dalam mengonsumsi alpukat juga kita harus cermat agar manfaatnya tidak berkurang, sebagai contoh, alpukat dijadikan jus dengan menambahkan terlalu banyak gula atau kental manis, hal tersebut tidaklah tepat.  Mengonsumsi alpukat semurni mungkin tanpa disertai bahan makanan lain  lebih disarankan, untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

 

Oleh:
Sri Hasanah, SP, RD
Instalasi Gizi

Referensi :

Kemkes.go.id , Penyakit JantungPenyebab Utama Kematian, Kemenkes Perkuat Layanan Primer, https://sehatnegeriku.kemkes.go.id, 29 september 2022

Daftar Komposisi Bahan Makanan DKBM, 2017

  • Share to :