November 25, 2021
loading

RSJMM Lakukan Pendampingan Layanan Kesehatan Jiwa di Puskesmas Ciasmara

Posted by    admin

BOGOR - Salah satu program psikiatri komunitas yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor adalah melakukan pendampingan ke Puskesmas di sekitar Bogor Raya. Tim dari RSJMM yang terdiri dari Psikiater Lahargo Kembaren, Promotor Kesehatan Andriyati Ginting, dan Dokter dari Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Tito Sugiarto melakukan pendampingan pelayanan kesehatan jiwa di Puskesmas Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Kamis (25/11).

Tim dari Puskesmas Ciasmara berkolaborasi dengan tim dari RSJMM dengan memberikan pelayanan kesehatan jiwa berupa psikoedukasi, pemeriksaan dan terapi, family therapy, dan rujukan.

“Puskesmas Ciasmara ini keren karena obat anti-psikotik, anti-depresan, anti-cemas, dan mood stabilizer tersedia sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Mendekatkan layanan kesehatan jiwa ke masyarakat adalah jiwa dari layanan psikiatri komunitas,” ujar Lahargo.

Puskesmas Ciasmara adalah sebuah Puskesmas yang berlokasi di lereng gunung dan memiliki waktu tempuh 2,5 jam dari pusat Kota Bogor. Namun, jarak tersebut tidak menyurutkan semangat untuk memberikan pelayanan psikiatri terbaik bagi penduduk desa. (LaKe)

  • Share to :