April 22, 2021
loading

Membahas Tren dan Isu Kesehatan Jiwa Masyarakat bersama Bogor Health SPTV 1.0

Posted by    admin

Kamis, 22 April 2021.
Bogor Health (B.Health) pada edisi kali ini mengupas tuntas Trend dan Isu Kesehatan Jiwa Masyarakat dari masa ke masa yang di potret dari informasi dan pengalaman yg disampaikan oleh Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat Instalasi PKRS RSJ dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor, yang bertindak sebagai Narasumber di SPTV 1.0, Diskominfo, Balai Kota Bogor, yang dipandu oleh Shinta Millenia.

Dalam pemaparanya Iyep Yudiana menyampaikan, "Trend Pelayanan Kesehatan jiwa terus berubah dari masa ke masa, walaupun perubahan tersebut terasa lambat dibandingkan pelayanan kesehatan penyakit pisik.
Pada jaman pra-kolonial pelayanan kesehatan jiwa masih mengarah kepada penanganan secara magis dan cendrung adanya unsur berbau tahayul.
Masa kolonial penanganan kesehatan jiwa oleh masyarakat bergeser dengan adanya tindakan pemasungan dengan kayu, bambu, rantai, dll dan penanganan secara spiritual keagamaan yg seperti bangun malam, berendam, ritual ibadah, dll sampai dengan sekarang. Penanganan kesehatan jiwa oleh pemerintahan colonial berfokus pada RS khusus jiwa sebagai penyedia pelayanan namun masih bersipat penampungan kala itu, dengan mewariskan rumah sakit jiwa yaitu salah satunya rumah sakit jiwa cilendek bogor".
Iyep Yudiana menambahkan bahwa, "Pada jaman kemerdekaan berbagai metode pelayanan dan penyembuhan kesehatan jiwa mulai bermunculan di masyarakat, seperti pengobatan orang pintar, herbal, pondok, panti jiwa, pijat, dll. Masa modern dan milenial dengan meningkatnya Pendidikan kesehatan dan arus informasi dari luar negeri terkait penanganan jiwa, maka pelayanan kesehatan jiwa secara medis bergerak cepat seperti bermunculannya pelayanan jiwa di setiap rumah sakit, klinik kesehatan jiwa, balai pengobatan jiwa.
Diakhir sesi, Iyep Yudiana menyampaikan pesan kepada masyarakat pengguna agar menghilangkan stigma negatif terhadap ODGJ, penuhilah hak-hak mereka seperti pasien penyakit lainnya, Stop pemasungan ODGJ dan bawalah ODGJ ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit umum atau ke rumah sakit jiwa, dan pada era digital sosial media seperti sekarang, bijaklah dalam membuat, menayangkan dan menyebarkan informasi terkait ODGJ.

??Stop Pasung.
??Sehat Jiwa.
??Pulih, Produktif dan Mandiri.

  • Share to :