October 15, 2022
loading

Sesditjen Yankes Dukung Wisata Medis PKJN RSJMM

Posted by    admin

BOGOR - Sekretaris Direktorat Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Azhar Jaya, mendukung program wisata medis yang dicanangkan oleh Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM). Dukungan tersebut disampaikan pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diselenggarakan di RSJMM Heritage Golf Field, Bogor, Sabtu (15/10/2022).

“Saya sangat mendukung wisata medis ini. PKJN RSJMM memang memiliki aset yang luar biasa, mungkin satu-satunya RS di Indonesia yang memiliki lapangan golf. Keunggulan ini harus menghasilkan ide-ide yang inovatif. Saya berharap agar pelayanan wisata medis ini bisa segera diwujudkan dan dikembangkan di PKJN RSJMM,” ujarnya melalui aplikasi zoom.

Wisata medis yang digagas oleh PKJN RSJMM ini mengusung konsep integrasi program healing dengan memanfaatkan aset yang dimiliki rumah sakit seperti lapangan golf dan healing garden dengan layanan medis yang tersedia. Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), PKJN RSJMM diberikan fleksibilitas untuk mengelola asetnya agar menjadi salah satu sumber pemasukan bagi rumah sakit.

Direktur Perencanaan, Keuangan, dan Barang Milik Negara PKJN RSJMM Evi Nursafinah, menuturkan bahwa ke depannya rumah sakit akan berkolaborasi dengan pengelola destinasi wisata yang ada di Kota Bogor agar wisata medis yang diberi jargon Si Menang Pesat ini semakin ekstensif.

“Wisata medis ini diintegrasikan dengan layanan unggulan yaitu layanan personal development seperti layanan geriatri dan medical check-up untuk saat ini. Kita juga akan berkolaborasi dengan destinasi wisata yang ada di Kota Bogor,” ujar Evi yang juga penggagas program wisata medis tersebut.

Dalam kegiatan pencanangan wisata medis ini juga terdapat sesi pengukuhan duta wisata medis yang terdiri dari pegawai PKJN RSJMM dari berbagai profesi. Duta-duta diharapkan dapat memberikan influence kepada khalayak sebagai upaya promosi wisata medis itu sendiri.

Oleh: Rianto/Hukormas

  • Share to :